Amerika Serikat & Keuangan Syariah

on Senin, September 15, 2008

Perkembangan sektor keuangan syariah di negara Barat tidak selalu kalah dibandingkan negara Islam atau yang berpenduduk mayoritas Muslim. Bahkan, pengembangan sektor keuangan syariah di AS malah lebih dulu terjadi dibandingkan pengembangan sektor serupa di Indonesia.

Di tanah air, lembaga keuangan syariah (LKS) pertama, Bank Muamalat Indonesia (BMI), didirikan pada 1991 atas prakarsa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia. Bank ini baru mulai beroperasi pada Mei 1992. Sedangkan, di AS, pengembangan LKS dimulai jauh sebelum itu.

Salah satu LKS yang berdiri di negeri paman Sam adalah American Finance House-Lariba pada 1987 di Pasadena, California. LKS ini mendapatkan izin operasi dari pemerintah negara bagian California sebagai perusahaan pembiayaan syariah. Lariba sendiri merupakan singkatan dari Los Angeles Reliable Investment Bankers atau bermakna bankir investasi terpercaya Los Angeles.

Fakta ini cukup mengejutkan karena AS bukan merupakan negara Islam atau berpenduduk Muslim terbanyak. Sementara, Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia baru memiliki LKS pada 1991. Selain AFH-Lariba, terdapat lembaga keuangan lain yang menawarkan layanan keuangan syariah di AS. Salah satunya adalah lembaga konvensional bernama Devon Bank. Bank ini didirikan pada 9 Juni 1945, di Chicago, Illinois. Pendiri bank ini merupakan para pedagang local. Mereka yakin masyarakat wilayah utara Chicago membutuhkan bank komunitas untuk membantu bisnis mereka.

Beberapa tahun lalu, Devon memutuskkan mendirikan divisi perbankan syariah untuk memenuhi permintaan konsumen. Chicago sendiri merupakan salah satu daerah di AS dengan pemeluk agama beragam. Namun wilayah itu memiliki jumlah komunitas Muslim cukup banyak.

Pada Maret tahun lalu, Devon meraih Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum Award atas konstribusi bank tersebut dalam mendorong perkembangan perbankan syariah di AS. Beberapa tahun lalu, bank ini juga mendirikan perusahaan investasi lepas pantai untuk merespon meningkatnya permintaan produk investasi syariah.

Selain Devon Bank, terdapat beberapa lembaga keuangan lain yang memberikan layanan keuangan dan perbankan syariah kepada masyarakat AS. Di antaranya adalah Freddie Mac, University Bank, dan Guidance Residential. n aru/berbagai sumber

Sumber : Republika.co.id